Announcement:

This is a Testing Annocement. I don't have Much to Say. This is a Place for a Short Product Annocement

Senin, 30 Januari 2017

Download Laporan Akhir Program Coop 2016

UMKM yang dipilih pada program COOP umumnya adalah UMKM yang belum maksimal dalam mengembangkan usahanya, namun UMKM tersebut dinilai memiliki potensi yang besar untuk bisa dikembangkan. Jenis usaha UMKM yang telah diseleksi terdiri dari PAUD Cahaya Kembar, Bimbel Cemerlang, Taqifa English Course, Gema English Course dan LPKG Bangkinang. UMKM telah melengkapi fasilitas berupa sarana dan prasarana dasar yang diperlukan untuk pelaksanaan usahanya. Namun masih ditemukan berbagai kendala dalam pelayanan, Administrasi, kesehatan lingkungan dan managemen pelayanan Bimbingan Belajar serta pelayanan administrasi. Selain itu sosialisasi PAUD dan Bimbel yang dilakukan masih kurang maksimal sehingga UMKM belum begitu dikenal di masyarakat.


Dari 5 UMKM yang menjadi mitra kerjasama ditempatkan 2 orang setiap UMKM, adapun mahasiswa yang ditempatkan adalah mahasiswa keperawatan dan kesehatan masyarakat. Dari hasil evaluasi pihak UMKM sangat terbantu dengan adanya mahasiswa magang, bertambahnya jumlah siswa yang masuk dan meningkatnya promosi UMKM di masyarakat.

Dari hasil kegiatan yang telah dilalui, dapat disimpulkan bahwa program atau kegiatan pemagangan mahasiswa pada UMKM dapat membantu proses lahirnya wirausahawan muda yang bisa melihat peluang usaha. Program COOP ini kedepannya perlu untuk dilanjutkan, dengan keberlajutan program COOP atau pemangangan mahasiswa yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, akan melahirkan banyak wirausahawan muda setiap tahunnya.

Saran yang dapat diberikan adalah
a. Diperlukannya anggaran COOP untuk keperluan inovasi di UMKM, seperti dana pembuatan brosur untuk promosi UMKM, dana pembuatan website, dana pemutakhiran teknologi di UMKM, dana perbaikan sarana prasarana di UMKM dan dana operasional lainnya.

b. Diperlukannya keberlanjutan program COOP dengan melibatkan lebih banyak mahaiswa dan waktu magang yang lebih lama. Dengan demikian tujuan dasar program coop menekan angka pengangguran dapat ditekan sehingga dapat merubah image Perguruan Tinggi dari penyumbang pengangguran tertinggi di Indonesia, menjadi penyumbang tenaga kerja dan wirausahawan yang handal.

c. Diutamakan pada perguruaan tinggi swasta. Hal ini dapat dimaklumi bahwa rata-rata mahasiswa yang belajar di Perguruan Tinggi swasta terdiri dari mahasiswa tidak mampu.

Laporan Lengkap Program Coop atau PBBT Ristekdikti 2016 dapat di Download Disini
Share it Please

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 Co-op STKIP Tambusai. Designed by Templateism | Love for The Globe Press